Pola Makan dan Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah

Kali ini ada baiknya kita mengetahui Pola Makan dan Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah keluarga kita.  Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kita dan keluarga

Selamat datang kembali di salah satu situs Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yang menerima pesanan ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri dengan pelayanan “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran“.

Pola Makan dan Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah

Pola Makan dan Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah

Pola Makan dan Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah – Sekitar tahun 1996 di Amerika diperkenalkan cara baru diet dengan mendasarkan pada golongan darah si pelaku. Diet ini diperkenalkan oleh seorang naturopatis dari Stamford, Connecticut, Amerika Serikat, bernama Dr. Peter J. D’Adamo.

Dalam bukunya berjudul “Eat Right For Your Type”, Dr. D’Adamo menyebutkan bahwa manusia yang memiliki tipe darah berbeda pasti memiliki respon atau tanggapan terhadap makanan yang berbeda pula.Gagasan ini berakar pada sejarah evolusi, khususnya yang berkaitan dengan perbedaan golongan darah (O, A, B, dan AB).

Berdasar sejarah evolusi itu disebutkan bahwa sekitar 50.000 sampai 25.000 tahun SM, nenek moyang kita memiliki tipe darah yang sama, yakni O. Mereka ini adalah para pemburu sejati. Setiap hari makanan pokoknya daging.

Namun, pada sekitar tahun 25.000 sampai 15.000 SM, ketika gaya hidup manusia berubah dari pemburu menjadi peramu dan kemudian agraris, munculah tipe darah A, sebagai penyesuaian atas kebiasaan yang ada. Kemudian, akibat percampuran dari berbagai ras dan terjadinya migrasi dari Afrika ke Eropa, Asia, dan Amerika, tipe darah B muncul. Selanjutnya di zaman modern yang sudah penuh dengan bermacam manusia, tipe darah AB baru ada.

Dalam hal ini, Dr. D’Adamo yakin bahwa kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang dimiliki manusialah yang menyebabkan terjadinya perubahan tipe darah. Adaptasi yang tentu saja terkait dengan makanan yang diasup, diyakini D’Adamo menjadi kunci sehat nenek moyang kita.

Karena itu, menurut dia, kalau mau sehat kita mesti makan seperti yang dilakukan oleh nenek moyang. Misalnya saja, ia memberi rekomendasi bahwa mereka yang bertipe darah O cocok melakukan diet dengan mengasup lebih banyak daging, sedangkan untuk golongan darah A mengikuti diet vegetarian, yakni mengonsumsi makanan rendah lemak.

Inilah Pola Makan Berdasarkan Golongan Darah

Berikut rangkuman menurut Dr. Peter J. D’Adamo mengenai Pola Makan dan Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah :

  • Golongan Darah A

Dr D’Adamo mengatakan bahwa orang-orang dengan golongan darah A berasal dari kelompok petani. Oleh karena itu, mereka sangat disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran.

Golongan darah A sulit mencerna protein dan lemak yang berasal dari hewan. Karena berasal dari kelompok masyarakat agararis, mereka lebih baik mengonsumsi sayur-sayuran atau menjadi vegetarian,” tulis Dr D’Adamo dalam bukunya.

Ia menyarankan bagi para pemilik golongan darah A untuk mengganti sumber protein dari daging mejadi kacang kedelai atau gandum. Golongan darah A juga sebaiknya lebih banyak mengonsumsi makanan organik karena itu membantu sistem imunitas tubuh mereka.

  • Golongan Darah B

Menurut Dr D’Adamo, orang dengan golongan darah B berasal dari daerah pegunungan. Untuk itu, makanan terbaik bagi golongan darah B adalah adalah daging yang berasal dari peternakan.

Kecuali ayam. Ayam sangat tidak disarankan bagi golongan darah B karena dapat menyerang sistem daya tahan tubuh. Selain itu daging ayam meningkatkan risiko terserang stroke bagi golongan darah B,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa golongan darah B sebaiknya menghindari jagung, gandum, tomat, kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan tersebut sulit dicerna oleh tubuh golongan darah B dan dapat membuat kegemukan.

  • Golongan Darah O

Orang-orang dengan golongan darah O diyakini Dr D’Adamo berasal dari kalangan pemburu. Itu artinya, mereka sangat cocok dengan menu makanan daging merah dan protein hewani.

Orang-orang dengan golongan darah O sebaiknya lebih banyak mengonsumsi daging merah. Mereka juga sangat disarankan untuk memperbanyak asupan dari ikan laut,” ungkap Dr D’Adamo.

Ia juga mengatakan bahwa golongan darah O memiliki kadar asam lambung yang lebih banyak dari golongan darah lainnya. Oleh sebab itu, orang-orang dengan golongan darah O sebaiknya menghindari makanan yang mengandung banyak gas seperti kol dan makanan fermentasi.

  • Golongan Darah AB

Golongan darah AB termasuk golongan darah yang unik. Oleh karena itu, Dr D’Adamo mengatakan bahwa orang-orang dengan golongan darah AB membutuhkan penanganan lebih khusus, termasuk soal makanan.

Orang dengan golongan darah AB mempunyai karakter asam lambung sedikit seperti golongan darah A. Di sisi lain, mereka juga memiliki kemampuan adaptasi yang baik untuk daging seperti golongan darah B,” ungkapnya.

Menurut Dr D’Adamo, golongan darah AB sebaiknya menghindari kafein dan alkohol. Ia menganjurkan tahu, makanan laut dan sayuran hijau bagi menu khusus golongan darah AB.

Demikian beberapa panduan seputar Pola Makan dan Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah. Semoga bermanfaat. .

Terus kunjungi situs https://carapemesananovarynutritioncapsule.wordpress.com untuk update informasi bermanfaat seputar kesehatan lainnya.

Pola Makan dan Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s