Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Dulu Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, salah satu cara agar selalu sehat yaitu menghindari pantangan makanan setelah melahirkan. Maka dari itu anda wajib mengetahui Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Dulu Setelah Melahirkan.

Berjumpa kembali dengan kami yang merupakan agen resmi Green World yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin berkhasiat yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia sedikitpun. Salah satunya adalah menyediakan Ovary Nutrition Capsule yang merupakan suplemen terbaik untuk mengatasi semua masalah kesehatan pada kesuburan wanita. Namun pada kesempatan ini kami bukan akan membahas informasi mengenai salah satu produk ungulan kami tersebut, karena kami akan menyajikan informasi penting dan menarik seputar hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Yang sekarang akan kami sajikan adalah informasi mengenai Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Dulu Setelah Melahirkan, dan berikut ini informasi lengkapnya.

jenis-makanan-yang-harus-dihindari-dulu-setelah-melahirkan

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Dulu Setelah Melahirkan — Setelah melahirkan, kondisi psikis dan fisik wanita berubah sehingga butuh banyak perhatian dan asupan yang bernutrisi tinggi. Karena itu keluarga harus membantu mengembalikan kekuatan dan staminanya agar bisa beraktivitas dan merawat sang bayi dengan baik.

Ada beberapa jenis makanan yang tak disarankan untuk dikonsumsi usai melahirkan, sebab dapat memperburuk kondisi mood dan juga fisik wanita. Selain itu, makanan yang dilarang tersebut pun bisa menghambat produksi ASI dan tentu hal itu merugikan bagi sang bayi.

Pantangan Makanan Setelah Melahirkan

  • MAKANAN DAN MINUMAN BERKAFEIN

Kopi, coklat atau teh merupakan contoh makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kafein tidak akan menyebabkan masalah jika hanya sedikit yang masuk ke tubuh. Namun, kafein yang masuk ke tubuh dalam jumlah banyak mungkin dapat menyebabkan masalah, seperti sulit tidur dan dehidrasi.

Tidak hanya itu, kafein juga bisa bercampur dengan ASI sehingga bisa masuk ke tubuh bayi anda. Jika bayi anda tampak sangat tidak tenang, gelisah dan sulit tidur, mungkin itu menjadi tanda bahwa anda terlalu banyak mengkonsusmi kafein. Cobalah untuk membatasi konsumsi kopi perhari dan lihat perbedaanya pada bayi anda.

  • MAKANAN PEDAS

Mengonsumsi makanan pedas saat Anda menyusui mungkin dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada Anda dan bayi Anda. Makanan pedas dapat menyebabkan Anda mengalami mulas dan sakit perut, bahkan sampai diare. Hal ini tentu dapat mengganggu pemberian ASI ke bayi. Selain itu, makanan pedas juga dapat menyebabkan kolik pada bayi. Untuk itu, disarankan bagi ibu menyusui agar membatasi konsumsi makanan pedas.

  • MAKANAN BERMINYAK

Makanan berminyak atau berlemak merupakan makanan yang sulit untuk dicerna. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan ini selama beberapa hari setelah melahirkan. Makanan berlemak dan berminyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan, perut terasa kebakar, dan bergas.

Selain itu, terlalu banyak makan makanan yang berminyak dan berlemak juga dapat menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan. Hal ini dapat membuat Anda merasa kurang bugar dan tidak nyaman dengan tubuh Anda sendiri.

  • MAKANAN YANG BERGAS DAN ASAM

Makanan bergas dan asam dapat membuat pencernaan Anda tidak nyaman. Makanan ini mungkin juga dapat membuat bayi Anda kolik. Beberapa makanan bergas atau asam yang harus Anda hindari beberapa hari setelah melahirkan adalah kacang, kol, kembang kol, brokoli, dan minuman bersoda.

  • MAKANAN BERLEMAK TINGGI

Pantangan makanan setelah melahirkan berikutnya yaitu makanan berminyak atau berlemak tinggi. Jenis makanan ini erat kaitannya dengan penambahan lemak dalam tubuh. Jadi makanan jenis ini sama sekali bukan pilihan bijak bagi ibu yang ingin menguruskan badannya pasca melahirkan. Gunakanlah sumber minyak yang sehat seperti minyak ikan, minyak dengan kandungan omeg 3 dan 6, serta minyak nabati.

  • IKAN BERMERKURI

Dalam melaksanakan saran ini, Anda tentu tak perlu puasa sehingga menolak makan ikan sama sekali. Anda hanya perlu selektif dalam memilih jenis ikannya karena beberapa ikan berpotensi tercemar oleh zat berbahaya seperti merkuri. Biasanya hal ini terjadi pada ikan-ikan besar karena berumur lama di dalam laut. Jika saat hamil dulu, Anda sudah membiasakan diri mengonsumsi jenis ikan tertentu, maka kini Anda tinggal meneruskan saja aturan makan ikan tersebut.

  • MAKANAN LAUT PEMICU ALERGI

Makanan laut memang menjadi makanan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk otak bayi. Namun ibu yang baru melahirkan sebaiknya tidak mengkonsumsi semua jenis makanan laut yang bisa memicu alergi seperti kerang, tiram, kepiting, udang, lobster dan gurita. Makanan ini bisa menyebabkan alergi untuk bayi dan ibu. Reaksi alergi pada bayi tidak hanya menyebabkan gatal tapi juga menyebabkan gangguan untuk sistem pernafasan.

  • SEMUA BUAH YANG MENGANDUNG ASAM SITRAT TINGGI

Ibu yang baru melahirkan juga sebaiknya tidak mengkonsumsi semua jenis buah yang mengandung asam sitrat tinggi. Buah yang mengandung asam sitrat tinggi bisa menyebabkan perut atau lambung ibu mengalami reaksi asam yang buruk. Terlebih untuk ibu yang sudah memiliki penyakit maag saat hamil atau sebelum hamil. Buah yang mengandung asam sitrat tinggi seperti jeruk, jeruk nipis, lemon, kiwi, dan jenis buah asam lain. Reaksi asam ini tidak hanya diterima oleh ibu tapi juga bayi sehingga menyebabkan bayi terkena maag atau diare.

BACA JUGA : Efek Samping KB Suntik Yang Jarang Diketahui

Itu dia Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Dulu Setelah Melahirkan. Semua jenis makanan yang dilarang setelah melahirkan untuk ibu memang harus dipatuhi. Makanan ini bisa menyebabkan reaksi atau dampak yang sangat serius untuk ibu dan bayi. Ibu bisa mengganti makanan lain yang lebih sehat.

| Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Dulu Setelah Melahirkan |

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s