Ciri-Ciri Menstruasi Yang Normal Pada Wanita

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi masing-masing, ada yang lebih cepat, lebih panjang, jumlah darah lebih banyak, dengan dan tanpa nyeri haid. Tapi bagaimana sebenarnya ciri-ciri menstruasi yang normal? Untuk dapat mengetahui, ada baiknya anda menyimak informasi dibawah ini mengenai Ciri-Ciri Menstruasi Yang Normal Pada Wanita

ciri-ciri-menstruasi-yang-normal-pada-wanita

Ciri-Ciri Menstruasi Yang Normal Pada Wanita | .Setiap bulan wanita akan mengalami mestruasi dengan beragam keluhan. Mulai dari kram perut, mual, sakit kepala, nyeri, perut kembung, pegal-pegal hingga gangguan mood. Tentunya kondisi ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari

Sayangnya, banyak wanita kerap menyepelekan keluhan tersebut. Bahkan tak sedikit wanita menganggap remeh siklus haid yang tidak teratur hingga rasa nyeri yang timbul. Padahal, rasa nyeri yang berlebihan menunjukan adanya masalah lain seperti endometriosis (jaringan rahim yang tumbuh di luar rahim), kista, hingga miom. Oleh karena itu, para pakar pun menyarankan untuk memperhatikan menstruasi anda.. Berikut ini ciri-ciri menstruasi yang normal seperti dilansir dari Health.Detik.Com :

  • Siklus bulanan

Pada usia 25-35 tahun, 60% wanita memiliki siklus haid antara 25-28 hari, ada 1% wanita memiliki siklus lebih pendek dari 21 hari dan ada yang lebih panjang dari 35 hari, namun kebanyakan memiliki siklus 21-35 hari,” jelas dr Aryando Pradana, SpOG, dokter spesialis kandungan RSIA Bunda Menteng.

Hal yang sama juga disampaikan dr Hari Nugroho, SpOG. Menurut dokter kandungan RS dr Soetemo, Surabaya, ini siklus haid normal terjadi antara 21-35 hari dengan variasi normal sampai 3 hari tiap siklusnya.

Misalnya begini, siklus (bulan) ini 24 hari, siklus (bulan) depan 27 hari, kemudian 25 hari, maka masih dalam range normal. Jika siklus (bulan ini) 28 hari kemudian berikutnya 21, berikutnya lagi 35, berarti tidak normal,” tutur dr Hari Nugroho, SpOG.

  • Jumlah darah

Jumlah darah antara 20-60 cc setiap siklus. Pembalut wanita mempunyai daya tampung penuh berbeda-beda mulai 6cc yang berukuran kecil hingga 15-20 cc yang berukuran bsar dengan rata-rata sekitar 9 cc ukuran reguler. Sehingga kalau satu siklus menstruasi menghabiskan 3-7 pembalut (penuh) masih dianggap normal,” jelas dr Hari.

  • Durasi menstruasi

dr Aryando menjelaskan bahwa durasi lama haid yang normal adalah sekitar 3-7 hari.

  • Darah haid

Menurut dr Hari, bau darah normal tidak amis seperti bau ikan. Bau darah menstruasi memang khas, tetapi tidak berbau menyengat seperti bau busuk.

Tahapan warna darah haid sebetulnya sangat bervariasi dan tidak pernah menjadi patokan pasti dalam menentukan status kesehatan. Terkadang memang keluar darah berupa gumpalan, masih normal, tidak perlu khawatir. Dianggap tidak normal bila volumenya lebih dari biasanya.

Darah menggumpal itu kalau terlalu banyak juga tidak wajar. Jadi kan darah haid itu sebenarnya berbeda dengan darah yang biasa kalau misalnya cek darah lab, darah haid itu tidak gampang beku karena di dalamnya terkandung pengencer darah,” jelas dr Frizar Irmansyah, SpOG (K), dokter kandungan dari Rumah Sakit Pusat Pertamina.

Nah, jika darah haid terlalu banyak, maka darah yang keluar bisa menggumpal-gumpal. Hal ini terjadi karena mulut rahim yang kecil, sehingga butuh pompa ekstra bagi darah yang menggumpal-gumpal itu untuk melewatinya dan itulah yang menyebabkan nyeri. Segera cek ke dokter jika terjadi nyeri hebat dan darah yang menggumpal banyak.

  • Pre Menstrual Syndrome

PMS atau Pre Menstrual Syndrome ini sebenarnya masih bisa dibilang wajar dan dialami oleh setiap wanita yang haid hampir setiap bulannya. Pengaruh hormon saja sebenarnya kalau mood-nya jadi jelek dan suka marah-marah,” tutur dr Nando, panggilan akbar Aryando.

PMS pada wanita gejalanya berbeda antara individu satu dengan lainnya. Diantaranya adalah perubahan emosi (marah-marah), nyeri payudara, berjerawat, nafsu makan meningkat dan mudah lelah masih dikatakan normal.

  • Nyeri haid

Nyeri haid merupakan hal yang normal, luka yang terjadi pada endometrium seringkali menyebabkan nyeri. Nyeri dikatakan normal bila hanya 1-2 hari pada saat mens atau akan mens.

Tidak nyeri sama sekali tetapi haid lancar juga masih dikatakan normal. Apabila nyeri memanjang sampai 7 hari atau bahkan lebih sebaiknya diperiksakan ke dokter.

Nyeri haid masih bisa dikatakan wajar jika wanita itu paling tidak masih bisa beraktivitas. Tapi bukan berarti bisa diremehkan, sebaiknya tetap diperiksakan ke dokter jika setiap bulannya selalu merasa nyeri dan nanti baru bisa dipastikan normal atau tidaknya bergantung penyebab si nyeri itu sendiri,” jelas dr Nando.

Baca Juga : Kebiasaan Buruk Sehari-Hari Yang Bikin Vagina Tidak Sehat

Itu dia Ciri-Ciri Menstruasi Yang Normal Pada Wanita. Jika ada yang salah saat anda sedang haid, ada baiknya anda segera menghubungi dokter. Dan untuk mencegah adanya masalah kesehatan saat sedang datang bulan, anda bisa mengkonsumsi Ovary Nutrition Capsule dari Green World. Kenapa Ovary? Karena Ovary Nutrition Capsule diformulasikan khusus untuk menjaga sistem reproduksi wanita dan ampuh untuk mengobati segala macam keluhan yang menyerang reproduksi wanita salah satunya adalah bisa mengatasi menstruasi yang tidak normal atau tidak lancar. Untuk informasi dan pemesanan, bisa menghubungi nomor kontak seperti yang tertera di sebalah kanan halaman ini.

| Ciri-Ciri Menstruasi Yang Normal Pada Wanita |

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s